Jumat, 03 November 2023

SUPERVISI SEKOLAH



Supervisi adalah pengawasan, pemeriksaan, serta inspeksi. Dalam hal ini, orang yang melakukan kegiatan supervisi disebut supervisor.

Menurut KBBI web.id supervisi adalah n pengawasan utama; pengontrolan tertinggi; penyeliaan. https://kbbi.web.id/supervisi

Menurut Wikipedia  Supervisi (disebut juga penyeliaan) secara etimologi berasal dari kata "super" dan "visi" yang mengandung arti melihat dan meninjau dari atas atau menilik dan menilai dari atas yang dilakukan oleh pihak atasan terhadap kegiatan, daya cipta, dan kinerja bawahan. Dalam Carter Good`S Dictionary of Education, dikemukakan definisi supervisi sebagai segala usaha pejabat sekolah dalam memimpin guru-guru dan tenaga kependidikan lainnya, untuk memperbaiki pengajaran termasuk merangsang, menyeleksi pertumbuhan dan perkembangan jabatan guru-guru, menyeleksi, dan meminda tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran dan metode-metode mengajar serta evaluasi pengajaran. Supervisi dapat dilaksanakan oleh kepala sekolah yang berperan sebagai supervisor, tetapi dalam sistem organisasi pendidikan modern diperlukan seorang supervisor khusus yang lebih independen, dan dapat meningkatkan objektivitas dalam pembinaan dan pelaksanaan tugasnya. https://id.wikipedia.org/wiki/Supervisi


Pesiapan supervisi

Lalu, apa itu supervisi dan tugasnya?

Menurut Cambridge Dictionary, supervise verb [ I or T ] to watch a person or activity to make certain that everything is done correctly, safely, etc.:

The UN is supervising the distribution of aid by local agencies in the disaster area.

The children play while two teachers supervise (= make certain that they behave correctly and are safe).

Supervise verb [ I or T ] to manage a department, project, etc. and make sure that things are done correctly and according to the rules:

Supervisi adalah aktivitas untuk memastikan bahwa semuanya dilakukan dengan benar, aman, dan lain-lain. Dalam dunia pendidikan, supervisi merupakan proses untuk menerapkan pekerjaan apa saja yang sudah dilaksanakan, menilainya, hingga mengoreksi. Supervisi adalah usaha yang bertujuan untuk memberikan layanan kepada guru-guru agar mampu memperbaiki pengajaran dan kurikulum. Fungsi supervisi pendidikan adalah untuk penelitian, penilaian, perbaikan dan pembinaan.

Supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan sekaligus pembinaan pada suatu institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas kegiatan belajar mengajar di dalamnya. 

Adapun tujuan supervisi pendidikan adalah sebagai berikut.

1. Memperbaiki kualitas kinerja guru maupun sekolah.

2. Meningkatkan pemahaman guru terhadap tujuan pendidikan dan fungsi pendidikan                  disekolah.

3. Memudahkan kepala sekolah dalam mengontrol kegiatan guru selama pembelajaran

4. Mengembangkan jiwa kepemimpinan kepala sekolah melalui program pengembangan dan      pembinaan sekolah.

Pemerikasan berkas dan Tanya Jawab

Fungsi Supervisi Pendidikan

Fungsi supervisi pendidikan mencakup fungsi penelitian, fungsi penilaian, fungsi perbaikan, dan fungsi pembinaan.

Ada beberapa fungsi dari supervise pendidikan yang dapat diajdikan pengangan untuk perbaikan ke depannya yaitu;

 

Fungsi penelitian: Supervisi berfungsi sebagai solusi untuk memecahkan suatu      permasalahan sosial.


Fungsi penilaian:   Supervisi berfungsi sebagai langkah untuk mengukur tingkat kemajuan  sekolah, baik dari pencapaian peserta didik maupun kinerja guru dan kepala sekolah.


Fungsi perbaikan: Supervisi berfungsi sebagai dasar untuk mendorong dan memotivasi guru  agar meningkatkan kualitas kinerjanya serta memperbaiki kinerja yang masih kurang optimal.


Fungsi pembinaan: Supervisi berfungsi untuk membina guru dalam mengemban tugasnya sebagai pendidik. Pembinaan bisa berupa seminar, penelitian, demo mengajar, dan sebagainya.

 

Untuk menjaga kualitas pendidikan yang dilaksanakan di SMP Al-Azhar Syifa Budi Talaga Bestari, maka Yayasan Syifa Budi Jakarta (TIM Al-Azhar Syifa Budi Jakarta) melaksanakan kegaiatan supervise yang meliputi:

 

  1. Kepuasan Orang tua peserta didik terhadap sekolah Al-Azhar Syifa Budi Jakarta
  2. Kepuasan peserta didik terhadap keamanan, kenyamanan dan profesionalitas pendididk dan tenagakependidikan
  3. Supervis Akademik
  4. Supervisi Keagamaan
  5. Supervisi Kegiatan dan Lingkungan Sekolah
  6. Supervisi Kesiswaan
  7. Supervis Pembelajaran PAI
  8. Supervisi Pembelajaran Umum
  9. Supervisi Sarpras
  10. Supervisi Billingual

Untuk mendapatkan penilaian yang lengkap dan komprehensif, maka kegaiatn supervis dilaksanakan selama dua hari yaitu, pada hari Selasa, 31 Oktober sampai hari Rabu, 1 November 2023. Tim supervisi dari Al-Azhar Syifa Budi Jakarta terdisi dari:Bapak Ustaz Amirudin, M.Ag sebagai Koordinator kegiatan, Ibu Sudarwati, M.Pd, Bapak Amsori, S.Si, Ibu Yulita, S.Pd dan Ibu Ida Ismatai S.Pd

Tim Supervisi membimbing dan memberikan masukan yang positif untuk membangun SMP Al-Azhar Syifa Budi talaga Bestari lebih baik lagi kedepannya.

Pembinaan Supervisi dan Keagamaan


0 komentar:

Posting Komentar