Rabu, 13 Desember 2023

BAKUL KREATIVITAS ASBATARI

 

Bakul kerap diartikan sebagai wadah untuk menampung sesuatu. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. Selain itu, kreativitas adalah hal-hal yang membuat kita takjub dengan hal-hal baru, karena kreativitas bisa mewujudkan ide-ide cemerlang kita.

BAKUL KREATIVITAS ASBATARI adalah tempat peserta didik SMP Al-Azhar Syifa Bufi Talaga Bestari untuk menyalurkan minat BAkat UngguLan yang mereka miliki. Peserta didik bebas untuk menampilkan dan mengapresiasi minat dan bakat yang diunjukkan. Minat dan  bakat ini merupakan hal yang dimiliki setiap orang dimana bakat itu sendiri dapat menjadi hal yang baik bagi masa depan peserta dididk jika bakat tersebut diasah dengan baik, baik itu oleh peserta didik itu sendiri maupun lingkungan yang mampu mendukung pengembangan bakat siswa itu menjadi maksimal.

Pengembangkan minat dan bakat ini bertujuan agar kelak peserta didik mampu untuk bekerja di bidang yang diminatinya. Bila peserta didik tahu kemampuan serta minat dan bakat yang dimilikinya,  maka dia akn mudah beradaptasi dengan dunia kerjanya. Sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuannya untuk belajar dan bekerja secara maksimal. Ini juga yang membuat mengembangkan minat dan bakat di sekolah sangat penting bagi masa depan peserta diddik.

Hal utama dalam wajibnya bakat siswa dikembangkan adalah demi masa depan siswa itu sendiri. Karena mereka adalah penerus bangsa, yang harus dibina, dibimbing dan dididik secara maksimal agar mampu menjadi penerus bangsa yang jujur, amanah dan juga berintelektual. Hal lainnya dalam wajibnya penegnbangan minat dan bakat adalah agar peserta didik mengenali dirinya sendiri secar didni. Terkadang masih banyak peserta didik sekolah menengah yang bahkan tidak tahu tentang minat dan bakat yang mereka miliki. Maka dari itu dengan adanya Bakul Kreativitas ini yang diwadahi oleh sekolah  akan membuat para peserta didk  paham akan hobi dan hal yang bisa membuat mereka tertarik.

Setiap individu adalah unik dan setiap peserta didik memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Diantara mereka ada yang memiliki keampuan yang  menonjol dalam bidang olahraga.  Adapula yang menyukai bidang seni, dan ada juga peserta didik yang memiliki bakat dibidang akademik. Bahkan tidak jarang ada peserta dididk yang memiliki bakat lebih dari satu bidang. Disnilah dbutuhaknnya seorang pendidik yang mampu mengarahkan mereka kepada mainat dan bakat yang dikuasainya. Seorang pendidik tidak akan berhenti hanya pada sebatas mengajarkan materi di kelas saja. Seorang pendidik juga harus memiliki peranan yang sangat penting dalam mengarahkan bakat dan minat didik, agar mereka mampu mengasah bakat dan minat tersebut dengan tepat.

Belajar, memaksimalkan diri dan menyalurkan hobi dalam bidang yang diminati merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi setiap orang. Namun terkadang seorang siswa tidak memahami hobi, minat dan bakat yang mereka miliki. Ini seringkali juga membuat siswa akhirnya salah memilih jurusan sekolah atau bahkan salah memilih ekstrakurikuler yang berakibat fatal untuk masa depannya. Peran seorang guru sebagai seorang pendidik yang ditugaskan untuk mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, oleh karena itu guru harus mampu mengidentifikasi bakat setiap siswanya supaya dapat memberikan pengarahan dan mengembangkannya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Jika bakat dan minat siswa terasah dengan baik, maka tidak akan sulit bagi siswa untuk meraih prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

BAKUL KREATIVITAS ASBATARI dilaksanakan setiap hari senin setelah ikrar dan moorning speec

                      Tari saman



                          Kelas 9

                             Kelas 9


                              Kelas 8




                              Kelas 7

                              Kelas 7




                      Taekwondo

@by Heree

0 komentar:

Posting Komentar