Kamis, 29 Februari 2024

Yaum Al-Qur'an

 Yaum al Qur'an dan Syarhil Qur'an


“Bacalah! Karena sesungguhnya dia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya”

Yaum Al-Qur’an (Hari Al-Quran) merupakan program atau kegiatan yang senantiasa dilaksanakan setiap tahunnya di Sekolah SMP Al-Azhar Syifa Budi Talaga Bestari. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan cinta Al-Qur’an sejak dini. Peserta didik diharapkan untuk terus membaca dan mempelajari al-Qur’an sepanjang hayat kepada guru-guru yang bersanad, sehingga kemudian mereka dapat menjadikan al-Qur’an sebagai pegangan hidupnya. Dengan al-Qur’an, maka titian hidup mereka akan mudah dilalui untuk menuju kesuksesannya

Manfaat dalam membaca Al-Qur’an adalah dapat menjaga keadaan hati, jiwa, dan tubuh . Al-Qur’an  adalah firman Allah berupa wahyu yang disampaikan oleh Jibril kepada Nabi Muhammad Saw yang di dalamnya terkandung ajaran pokok yang dapat dikembangkan untuk keperluan aspek kehidupan melalui ijtihad. Ajaran yang terkandung dalam Alquran itu terdiri dari dua prinsip, yaitu yang berhubungan dengan masalah keimanan yang disebut akidah dan yang berhubungan dengan amal yang disebut syari’ah. Begitu pentingnya kemampuan dasar membaca Alquran, dengan hal ini tersirat dalam keputusan bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama RI. No. 128/44A, secara Eksplisit ditegaskan bahwa umat Islam agar selalu berupaya meningkatkan kemampuan membaca Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai pedoman hidup umat muslim, maka sangat penting pembelajaran  alquran dilakukan


Ya, Al-Qur’an adalah petunjuk bagi umat manusia. Di dalam kitab suci ini tersimpan banyak hikmah dan pelajaran berharga yang bisa membimbing manusia dalam mencari arti kehidupan. Melalui tulisan ini, Sahabat akan mengetahui apa saja ajaran dalam Al-Qur'an yang bisa memberikan pencerahan mengenai makna kehidupan diantara penejlasan tentang hikmah al qur’an

1. Nilai Ketauhidan

Hal yang paling utama, Al-Qur'an mengajarkan kita konsep ketauhidan atau keesaan Allah. Dengan memahami dan mengakui keesaan Allah, maka kita akan mendapat landasan kokoh untuk menjalani hidup dengan tujuan yang jelas. Al-Qur’an pun mengajarkan kepada kita siapa itu Allah. Siapa yang menciptakan alam semesta beserta dengan seluruh isinya. Siapa yang mengatur segalanya dengan begitu teliti dan sistematis. Siapa yang paling berkuasa dan paling agung. Ya, Al-Qur’an akan mengajarkan kita nilai-nilai makrifatullah. Semakin kita mengenal Allah, maka akan semakin taat kita kepada-Nya.

2. Nilai Keimanan dan Amal Saleh

Al-Qur'an juga mengajarkan kita tentang pentingnya iman yang kokoh dan amal perbuatan saleh sebagai dua elemen yang saling melengkapi. Melalui iman yang kuat dan amal yang baik, maka kita dapat mencapai makna yang lebih dalam dalam kehidupan. Nilai-nilai keimanan yang terkandung dalam Al-Qur’an yakni nilai-nilai keimanan seperti yang termaktub dalam rukun Iman, yakni: iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab, iman kepada Nabi dan Rasul, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qada serta qadar.

3. Nilai Kesabaran dan Tawakal

Sahabat, Al-Qur’an pun mengajarkan kita bagaimana menghadapi cobaan dan ujian kehidupan. Al-Qur'an memberikan panduan kepada kita tentang pentingnya sabar dan tawakal dengan mengandalkan diri sepenuhnya kepada Allah. Keetahuilah Sahabat, bahwa sabar dan tawakal merupakan kunci untuk menjaga keseimbangan dalam menghadapi tantangan kehidupan.

4. Nilai Kasih Sayang dan Keadilan

Al-Qur'an juga menegaskan pentingnya kasih sayang, baik dalam hubungan antarmanusia maupun dalam hubungan dengan Allah. Selain itu, Al-Qur'an pun menekankan keadilan sebagai prinsip fundamental dalam kehidupan sehari-hari.

5. Nilai Kematian dan Akhirat

Pemahaman tentang kehidupan setelah mati memberikan dimensi yang lebih luas pada makna hidup. Al-Qur'an mengajarkan kita bagaimana persiapan untuk akhirat sebagai tujuan akhir dari perjalanan kehidupan ini.

Sahabat, dengan merenungkan hikmah dan pelajaran dari Al-Qur'an, maka kita pun akan mendapatkan wawasan yang mendalam tentang makna kehidupan ini. Sejatinya setiap ajaran dalam Al-Qur'an mengandung petunjuk berharga untuk mencapai kehidupan yang bermakna dan penuh tujuan. Semoga kita pun bisa mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam setiap langkah perjalanan kehidupan kita.

Adapun kegiatan ini menampilkan peserta didik membacakan surat-surat pendek yang telah pelajari selama bersekolah. Selain membaca mereka juga mensyarah al-Quran mellaui bnimbingan dgru agamanya yang dilaksanakan dengan menngunakan tiga Bahasa, yaitu, Arab, inggris dan Indonesia. Menjelang kegiatan usai, setlah memreka membaca la Qur’an, mereka kemudian mendatangi kedfua orangtuanya dan memohon doa restu untuk kesuksan dalam menjalankan unian nanti. Merak juga meminta ridha dan doa kepada orangtuanya agar diberi ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhiratnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama untuk lebih mempererat tali silaturrahim, orangtua, guru, peserta didik dan sekolah SMP Al-Azhar Syifa Budi Talaga Bestari







 

0 komentar:

Posting Komentar